BATIK TULIS 3 NEGRI

Kenapa sih dinama in demikian?di bulan Januari lalu sempat posting di FB, tapi aku tulis ulang aja disini, karena, yah, you know, aku sudah mau pensiundari keaktifan eksis di sosial media hehe.
Jadi gini..

Cerita2 tentang batik, ga lepas dari sejarah.. mata pelajaran fav aku dari dulu sampaaiii sekarang ga bosen2 baca buku2 sejarah.. hehe

Dinamakan 3 negri karena proses pewarnaan nya itu dilakukan di 3 tempat berbeda di jawa yaitu Solo (Surakarta), Lasem (Rembang) dan Pekalongan.
Untuk diketahui, di jaman itu masih berupa negara/kerajaan2 kecil.

3 unsur pewarnaan khas dari masing-masing daerah dalam satu kain itu yang bikin batik tulis 3 negri ini jadi mahal & bernilai harganya.

Namun demikian, dari sekian banyak cerita diketahui bahwa batik ini secara eksklusif dibuat oleh pengusaha batik peranakan Tionghoa. Ny. Tjoa Giok Tjiam adalah pengusaha batik peranakan yang pertama kali mempopulerkannya pada 1910.

Konon nama “Batik Tiga Negeri” pun juga terinspirasi dari cerita Sam Kok (Tiga Negara) yang menjadi legenda dari Tiongkok.

Kamu suka batik juga kan?

Facebook Comments