Ethical Fashion

Assalamu’alaikum hai teman-teman, kamu tau ga apa itu ‘Ethical Fashion’?
Bagi yang belum pernah mendengar istilah tersebut, Ethical Fashion adalah sebuah konsep atau gerakan fashion yang memperhatikan hak-hak dan kesejahteraan pekerjanya, juga sekaligus melindungi lingkungan dengan memperhatikan proses produksinya.

Perlu untuk nambah wawasan kita bahwa, Ethical Fashion hadir untuk melawan yang namanya ‘Fast Fashion’ yang dianggap merusak lingkungan dan mengabaikan kesejahteraan para pekerjanya.

Perputaran koleksi baju yang sangat cepat agar mengikuti trend, harga jual yang murah sehingga bisa dibeli semua kalangan, itu semua bikin orang2 terus membeli produk Fast Fashion tanpa perlu berfikir.

Tapi,
dibalik itu semua, ada penekanan biaya produksi oleh pabrik yang cukup drastis, salah satunya upah buruh pabrik konveksi yang tidak layak dan tidak sebanding dengan kondisi pekerjaan mereka yang menguras waktu, tenaga, keringat, dan bahkan mungkin darah.

Ethical Fashion berfokus pada sikap etis suatu perusahaan garmen/pakaian terhadap para pekerja dan perusahaan itu sendiri. Sikap etis ini mencakup atas bagaimana suatu perusahaan memperlakukan para pekerjanya, seperti gaji, jam kerja, dan TIDAK mempekerjakan anak di bawah umur.

Juga,
yang ga kalah penting adalah hasil limbah tekstil yang dihasilkan dari bahan kimia dalam jumlah yang besar. Jika tidak dilakukan secara bijak dampak dari limbah tekstil ini bisa menimbulkan banyak penyakit bagi penduduk yang tinggal di sekitar pabrik. Hal ini nanti masuk ke bahasan Sustainable Fashion ya teman-teman ✨

Facebook Comments

No Comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.